Para Pekerja Vio.Me Ambil Alih Kontrol Pabrik [Thessaloniki – Yunani]

pekerja viome

Dengan angka pengangguran yg meningkat hingga 30%, pendapatan pekerja mencapai titik nol, lelah dan muak dengan janjijanji kosong dan pajak yg berlebihan, tidak dibayar sejak Mei 2011 dan saat ini menahan tenaga mereka, dengan pabrik yg ditinggalkan oleh majikannya, para pekerja Vio.Me menyatakan tekad mereka untuk tidak menjadi korban kondisi pengangguran abadi, melainkan untuk berjuang mengokupasi pabrik dan mengoperasikannya dengan tangan mereka sendiri. Melalui proposal resmi di bulan Oktober 2011 para pekerja tersebut mengklaim adanya pembentukan koperasi yg berada di bawah kontrol mereka sendiri, menuntut pengakuan hukum untuk koperasi tersebut, serta untuk semua orang yg ingin bergabung. Di saat yg bersamaan, mereka juga menuntut uang yg dibutuhkan untuk mengoperasikan pabrik tersebut, uang yg sudah seharusnya menjadi hak para pekerja, karena mereka adalah orangorang yg menghasilkan kekayaan untuk masyarakat. Rencana para pekerja ini diacuhkan oleh birokrasi negara dan serikat pekerja. Tetapi usaha para pekerja ini mendapat dukungan dan antusiasisme dari gerakan sosial di dunia melalui pembentukan Inisiatif Solidaritas di Thessaloniki, dan diikuti di beberap kota lainnya, yg menyerukan pesan pekerja Vio.Me, ke seluruh dunia selama 6 bulan terakhir.

Sekarang sudah waktunya para pekerja mengambil alih Vio.Me!

Para pekerja sudah muak menunggu negara memenuhi janjijanji untuk mendukung mereka [bantuan uang sebanyak 1000 euro yg dijanjikan oleh Departemen Tenaga Kerja tidak mendapat persetujuan dari Menteri Keuangan]. Ini saatnya untuk melihat pabrik Vio.Me –serta pabrikpabrik lainnya yg tengah mengalami kebangkrutan atau mem-PHK pekerjanya– diambil alih oleh para pekerja, bukan oleh bos lama atau baru. Perjuangan seperti ini tidak hanya terbatas untuk Vio.Me saja, agar hal ini menjadi suatu kemenangan, haruslah digeneralisasi dan menyebar ke semua pabrik, karena hanya melalui jaringan swakelola maka hal ini dapat berkembang dan mampu membawa kita menuju pengorganisasian yg berbeda dari sistem produksi dan ekonomi hari ini, tanpa eksploitasi, ketidak-setaraan, atau hirarki.

Ketika pabrik-pabrik mengalami kebangkrutan, jumlah pengangguran di Yunani mencapai 2 juta orang dan sebagian besar dari mereka dikutuk untuk berada di dalam kemiskinan dan kesengsaraan oleh koalisi pemerintahan PASOK-ND-Dimar, yg meneruskan kebijakan pemerintahan sebelumnya, tuntutan untuk mengoperasikan pabrik di bawah kontrol para pekerja adalah satusatu-nya respon yg masuk akal terhadap bencana yg kita alami setiap hari, satusatu-nya jawaban dari masalah pengangguran; oleh karena itu, perjuangan Vio.Me juga merupakan perjuangan semua orang.

Kami menghimbau kepada semua pekerja, pengangguran, dan semua orang yg terkena dampak dari krisis untuk berdiri bersama para pekerja Vio.Me dan mendukung upaya mereka serta praktek keyakinan mereka bahwa para pekerja mampu melakukannya tanpa bos! Kami menyerukan untuk berpartisipasi dalam Perjuangan dan Solidaritas di Thessaloniki. Kami meminta mereka untuk terus berjuang dan mengatur perjuangan mereka sendiri dalam tempat kerja mereka, dengan prosedur demokrasi langsung, tanpa birokrat. Berpartisipasi dalam aksi mogok politik untuk mengusir orangorang yg menghancurkan hidup kita!

Dengan tujuan untuk membangun kontrol pekerja atas pabrik dan seluruh proses produksi dan juga untuk mengorganisir ekonomi dan masyarakat yg kita inginkan, sebuah masyarakat tanpa bos!

Saat ini adalah waktu bagi Vio.Me. Mari bekerja!
Membuka jalan bagi manajemen pekerja mandiri dimana-mana!
Membuka jalan bagi masyarakat tanpa bos!

Solidaritas dan dukungan untuk perjuangan para pekerja Vio.Me.

Dari http://www.viome.org/

*via Libcom*

This entry was posted in Aksi Langsung and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *